You need to enable javaScript to run this app.

Teknik Komputer dan Jaringan

  • Sabtu, 30 Desember 2023
  • Administrator
  • 0 komentar

 TKJ Adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan. TKJ merupakan sebuah kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar. Tidak hanya itu selama tiga tahun belajar di TKJ anda akan belajar sistem kerja jaringan dan pemograman web serta meng-administrasi komputer jaringan. Kejuruan TKJ hanya ada di STM/SMK, sampai saat ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer dan banyak diminati selain RPL dan juga jurusan Multimedia.

Jika anda memilih jurusan TKJ maka anda akan belajar Mikrotik, Cisco, Linux dan prangkat jaringan lainnya. Membangun jaringan pada macam-macam topologi, setting ip dasar hingga memecahkan masalah pada jaringan yang error. Merakit komputer hanya bagian dasar saja, setelah itu anda akan mempelajari cara instalasi Sistem Operasi Microsft Windows dan Linux.

Itulah pengertian dari jurusan TKJ, saya sendiri adalah siswa lulusan Teknik Komputer Jaringan. Banyak ilmu yang bisa didapatkan. Ilmu tersebut masih berguna hingga saya lulus.
 

Kerja apa Jurusan TKJ?

Peluang kerja jurusan TKJ memang sangat banyak, karna banyak perusahaan yang mencari dan ingin menampung karyawan - karyawan yang memiliki kelebihan di bidang teknologi seperti jurusan TKJ, kemampuan yang dicari yaitu seseorang yang mengerti komputer dan jaringan. Banyak siswa TKJ yang serius belajar hingga ilmunya dapat digunakan dalam dunia kerja, hingga siswi smk jurusan tkj banyak yang langsung terjun kedunia kerja tanpa melanjutkan jenjang selanjutnya yaitu kuliah. Beberapa teman saya setelah lulus langsung diminta oleh perusahaan sebagai Network Administrator.
 
Memang tidak dipungkiri semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak seorang IT yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Apalagi jika anda melanjutkan dibidang komputer juga dalam kuliah, maka ilmu yang anda pelajari 3 tahun di jurusan TKJ akan bertambah. 
 

Pelajaran TKJ apa aja?

Pelajaran yang dibahas di jurusan TKJ tentunya mendalami dunia jaringan komputer, mulai dari dasar hingga membangun jaringan sendiri melalui Router. Mengatur komputer agar bisa saling terhubung ke internet dengan jaringan yang sudah dibuat, malukan konfigurasi Linux seperti membangun DHCP, Mail Server, DNS, dan masih banyak lagi. Serta mempelajari Mikrotik dan Cisco, namun disetiap sekolah siswa wajib sudah bisa merakit komputer dan menginstall sistem operasi, dan mengerti dasar-dasar jaringan komputer.
 

Kelebihan Jurusan TKJ

Setiap jurusan memiliki kelebihannya masing-masing, kelebihan jurusan tkj sendiri adalah anda akan mengerti anda akan mengerti dunia teknologi terutama komputer dan jaringan, dalam jurusan ini anda tidak akan gaptek. Hingga setelah lulus diharapkan anda bisa langsung bekerja sebagai Network Administrator. Pekerjaan mulai dari menyusun kabel, mengontrol sever, membangun topologi jaringan di setiap kebutuhannya.
 

Kesimpulan

Itulah jurusan TKJ, jika anda berminat menjadi siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan pastikan anda senang untuk mempelajari komputer dan jaringan. Karna jika ingin nyaman harus didasari dengan suka, kenali dulu jurusan TKJ, tanyakan pengalaman teman anda yang pernah belajaran dijurusan ini. Hingga anda tidak salah pilih saat masuk sekolah
Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Drs. H. SAFII

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Dengan mengucapkan segala puji ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, disertai rasa syukur atas rahmat dan karunia_Nya,…

Berlangganan
Banner