• SMK SUNAN GIRI MENGANTI
  • INOVATIF KREATIF KOMPETEN

KEAGUNGAN NABI MUHAMMAD SAW

 

Oleh : LUTFI SYARIFUDDIN S.PdI M.Pd

Pengajar Aqidah Akhlak SMK Sunan Giri Menganti

Assalamualaikum Warohmatullahi  Wabarokatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang Maha suci lagi Maha Tinggi.

Sholawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, sebaik-baik mahkluk dan hambaNya yang terkasih.

Wa ba’du:

Mempelajari kisah tentang Rasulullah SAW sebuah keharusan bagi kita umat islam agar dapat menjadi insan mulia.

Menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan adalah sebuah kewajiban bagi setiap umat islam agar bahagia di dunia dan di akhirat.

Serta memperingati hari kelahiran beliau “Maulid Nabi Muhammad SAW” Merupakan suatu amal yang bisa membahagiakan jiwa, melapangkan dada, membuka qolbu, dan sekaligus bukti rasa cinta kasih kepada beliaunya dengan harapan syafa’at kelak di yaumil qiyamah.

Bagimana Tidak???

Sebab Nabi Muhammad SAW adalah satu satunya sumber ketulusan dan hidayah untuk umat islam. Perjalanan beliau yang tidak akan pernah habis untuk digali, dan tidak akan kering tinta-tintanya: “Katakanlah : Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhank, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu ” (QS.Al-Kahfi:109)

Bagimana Tidak???

Rasulullah Muhammad SAW adalah contoh manusia yang terbaik dan sempurna, tempat bertemunya Akhlak yang utama dan mulia serta pembawa panji-panji risalah, dakwah alam secara universal.

Aspek kesempurnaan Baginda Rasulullah SAW yaitu tidak ada yang menyamai kelahirannya. Keistimewaan beliau melebihi para sahabat dan anak-anaknya. Keteguhan dan kebijakannya tidak pernah bergeser sedikitpun, bahkan senantiasa membentengi dengan kebaikan.

Beliau laksana tumbuhan kurma yang basah diantara kalbu yang keras

Beliau laksana bunga mekar ditengah hutan yang berduri

Beliau laksana pohon yang tinggi dan berbuah lebat, ditengah sahara yang kering nan tandus, maka itulah Akhlak Rasulullah Muhammad SAW yang juga merupakan Akhlak Al-Qur’an.

Dakwah Muhammad SAW secara umum dan universal telah memancarkan cahaya yang menerangi kegelapan dan menghapuskan kedzaliman, sehingga menyelamatkan manusia dan membahagiankannya dengan kabar gembira dalam bingkai Dinul Islam.

KeagunganNya yang tidak ada satupun makhluk yang dapat menyaingi dan menandinginya

Keagungan Muhammad SAW nampak jelas dalam aspek kepemimpinannya, akhlaknya, dakwahnya, bahkan kehidupannya.

Maka tidak mengherankan apabila beliau sebelum diangkat oleh Allah SWT menjadi Nabi dan Rasul, beliau dilindungi oleh awan dari sinar matahari. Mampu mengekang hati dan lisannya saat marah. Beliau dikenal keterjagaan dirinya dari sifat yang tercela. Penampilannya yang manis dan langkah hidupnya mulia serta memiliki rasa dan jiwa kemanusiaan yang tinggi. Oleh karena itulah beliau dikenal dengan kejujurannya, sehingga mendapat gelar Al-Amin.

Aspek Akhlak Muhammad SAW telah memiliki keagungan yang tinggi dan tiada taranya, bahkan ketinggiannya melebihi awan diatas langit. Bahkan  keagungan Muhammad SAW terdapat pada ucapannya, perbuatannya, juga diam dan berfikirnya.

Disinilah letak “Keagungan Muhammad SAW” karena beliaulah tauladan yang layak untuk diikuti dan dicontoh dalam semua aspek kehidupan. Karena beliau benar-benar berbudi pekerti yang luhur dan agung.

Dalam ayat Al-Qur’an dijelaskan oleh Allah SWT tentang keagungan Muhammad SAW :

1.Tidak ada seorang nabi yang mendapatkan pujian begitu tinggi melebihi Nabi Muhammad SAW, disebut sebagai teladan yang baik (Uswatun Hasanah) (QS.Al-Ahzab 33/29)

 

  1. Sungguh pada diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan yang baik bagimu orang yang mengharap rahmat Allah SWT dan pada hari kiamat banyak menyebut Asma Allah SWT (QS.Al-Ahzab 21)

 

  1. Pada ayat lainnya menyebutkan baginda Rasulullah SAW adalah pribadi yang benar-benar Agung (QS.Al-Qalam 68/4)

Keagungan Nabi Muhammad SAW amatlah sangat sempurna karena terjadi dalam segala macam aspek ukuran, baik menurut ukuran agama, ukuran ilmu pengetahuan, ukuran kehalusan rasa dan budi pekerti. Sehingga Keagungan Muhammad SAW diakui oleh seluruh umat islam, bahkan keagungan Rasulullah juga diakui oleh mereka yang berbeda agama.

Dialah yang dapat menyatu-padukan manusia dari berbagai-bagai etnik, kaum,bangsa dan yang berlainan warna kulit, bahasa dan budaya bahkan dapat menanamkan kasih sayang satu sama lain di kalangan manusia, hasil didikannya melahirkan manusia yang begitu taat dan patuh kepada syariat Tuhannya.

 

Sungguh sangat unggul dalam ketinggian akhlak dan moralnya, mampu menjadikan dunia bersih daripada noda dan dosa, sukses menjadikan setiap orang rasa berpuas hati di bawah naungan pimpinannya sekalipun mereka bukanlah termasuk golongan umat  Islam.

 

Mereka merasakan dia adalah pelindung dan penyelamat kepada seluruh makhluk sekalipun binatang Itulah dia Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, Itulah dia nabi kita.

 

Yaa Rasululloh , Pribadimu Sungguh Menawan Siapa di antara Kita yang membaca akhlak Muhammad SAW., kemudian jiwanya tidak larut, matanya tidak berlinangan dan hatinya tidak bergetar ?

Siapa di antara Kita yang mampu menahan emosinya ketika membaca biografi seorang yang sangat dermawan, mulia, lembut dan tawa-dhu’?  Siapa yang mengkaji sirah hidup beliau yang agung, perangai yang mulia dan akhlak yang terpuji, kemudian dia tidak menagis, sembari berikrar, “Saya bersaksi bahwa Engkau adalah utusan Allah.”

 

 

 

Saudaraku Seiman,...yang dirahmati Allah SWT

 

Telah jelas dan terang Sirrah baginda Rasulullah Muhammad SAW

Maka marilah kita semuanya (umat islam) untuk dapat meresapi kisahnya, mengambil hikmah dari ajaran dan budi pekertinya serta menjadikan beliau sebagai suri tauladan (panutan) sampai dengan akhir hayat.

 

Termasuk didalam momentum bulan maulid inilah kita dapat merayakan peringatan maulid, yang mana perayaan maulid nabi adalah salah satu sunah hasanah, yang berlandaskan tuntutan agama. Bahkan Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki menekankan bahwa Rasulullah lah yang pertama kali merayakan maulid tersebut dengan cara berpuasa.

 

Oleh sebab itu, sebagai pengikut beliau, kitalah yang lebih pantas bersyukur dan berbahagia dengan berbagai cara yang mampu kita lakukan, sebab Rasulullah tidak pernah membatasi cara memperingati maulid beliau dengan cara puasa. Perayaan maulid tidak memiliki cara-cara yang khusus dan terbatas, melainkan bebas dilakukan dengan cara apapun selagi dalam koridor halal, positif dan bermanfaat bagi umat dalam rangka meningkatkan cinta dan taat kepada Rasulullah SAW.

 

Karunia dan rahmat Allah yang terbesar bagi umat manusia bahkan alam semesta adalah Rasulullah SAW, sehingga kegembiraan di bulan maulid Nabi sesungguhnya merupakan aplikasi terhadap perintah Allah SWT. Meskipun beliau juga wafat di bulan, tanggal dan hari yang sama, akan tetapi bersuka cita memperingati rahmat di sisi Allah lebih baik dari pada berduka cita memperingati sebuah musibah. Wafatnya Rasulullah SAW. bukanlah musibah yang harus disedihkan, melainkan ada sebuah rahasia dan hikmah yang patut diraih kebaikannya, sebagaimana sabda beliau “Wafatku baik buat kalian, karena amal perbuatan kalian diajukan kepadaku. Apabila aku melihat yang baik maka aku bersyukur, namun bila aku melihat yang buruk maka aku mintakan ampun dari Allah untuk kalian.” (HR. Al-Bazzar).


Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Salam dan Cinta kami teruntukmu Wahai Kekasih Allah

Salam dan Cinta kami teruntukmu Wahai Nabiku

Salam dan Cinta kami teruntukmu Wahai Pemberi Syafa’at

 

Semoga kita semuanya (Umat Islam) termasuk kedalam umat Muhammad SAW yang kelak akan berjumpa denganNya di surga Allah dengan Sholawat dan Salam

 

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

 

Tulisan Lainnya
Sosialisasi dengan Wali Murid

Implementasi program kerjasama dengan DUDIKA dengan pembiasaan ketertiban dan pendidikan karakter yang baik bagi siswa Dalam hal ini sekolah mengundang wali murid SMK hadir pada kegiata

20/08/2022 19:49 WIB - adminSMK
Kunjungan dan silaturahim Dr. Sufi Imran Azom dari Aslamiyah Foundation London United Kingdom di SMK Sunan Giri Menganti

Kunjungan dan silaturahim Dr. Sufi Imran Azom dari Aslamiyah Foundation London United Kingdom di SMK Sunan Giri Menganti 5/8/2022 diawali dengan melihat bengkel Tbsm yang memiliki produ

07/08/2022 18:43 WIB - adminSMK
KEJURPROV KICK BOXING KAB. GRESIK

             Salah satu ketercapaian prestasi yang diraih SMK Sunan Giri Menganti adalah Kejuaraan Kick Boxing yang diselengg

01/07/2022 18:20 WIB -
SMK Sunan Giri Menganti Gresik Peduli Generasi Muda & Generasi Keluarga

Salah satu bentuk karya nyata SMK Sunan Giri Menganti Gresik sebagai langkah sumbangsih dalam mencetak generasi muda dan keluarga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabup

29/06/2022 13:39 WIB -
MENDOBRAK PARADIGMA VOKASI SMK

Hari ini 13 April 2022 adalah waktu tunggu yang sudah tunai. Ibarat orang berpuasa itu, saat ini adalah waktu berbukanya, walaupun yang di janjikan berupa la' alakum tatakun ( ketakwaa

14/04/2022 12:50 WIB -