• SMK SUNAN GIRI MENGANTI
  • INOVATIF KREATIF KOMPETEN

APA PERAN BKK  SMK SUNAN GIRI MENGANTI seri lanjutan

Oleh : Pak J  Ketua BKK SMK SUNAN GIRI

PERAN yang bisa di lakukan adalah sebagai :

Penyelenggara bimbingan karir, penyuluhan dan pelatihan kerja merupakan kegiatan BKK  SMK Sunan Giri menganti.

selanjutnya dalam menjalankan perannya BKK  Menyelenggarakan bimbingan karir, penyuluhan dan pelatihan kerja berkolaborasi dengan Guru Bimbingan Konseling BK dan Guru Agama dan PPKN.

BIMBINGAN KARIR

Bimbingan karir merupakan sebuah program yang diselenggarakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja serta membekali diri supaya siap dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari iduka yang dimasuki. Sehingga program layanan bimbingan karir di sekolah menurut Sukardi (2003: 1) dapat membantu siswa dalam:

  1. Pemahaman yang lebih tepat tentang keadaan dan kemampuan dirinya
  2. Kesadaran terhadap nilai-nilai yang ada pada dirinya dan yang terdapat dalam masyarakat
  3. Pengenalan terhadap berbagai jenis pekerjaan
  4. Persiapan yang matang untuk memasuki dunia kerja
  5. Memecahkan masalah-masalah khusus sehubungan dengan pekerjaan
  6. Penghargaan yang objektif dan sehat terhadap kerja.

 

 Menurut pengertian bimbingan karir di atas Sukardi (2003: 2) menyimpulkan prinsip-prinsip pokok pengertian bimbingan karir sebagai berikut:

  1. Pemilihan pekerjaan lebih merupakan suatu proses dari pada sebagai suatu peristiwa. Berarti bimbingan karir merupakan suatu proses atau kegiatan yang terus-menerus.
  2. Pemilihan dan penyesuaian pekerjaan di mulai dengan pengetahuan tentang diri. Ini berarti tidak hanya menekankan aspek pekerjaan tetapi aspek individu. Agar individu dapat memilih dan menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya maka perlu sekali individu memahami dirinya seperti bakat, kecakapan, minat, hasil belajar, kepribadian dan sebagainya. Oleh karena itu pemahaman diri merupakan tahap permulaan dalam bimbingan karir.
  3. Bimbingan karir haruslah merupakan suatu proses perkembangan konsep diri. Pemahaman tentang diri dan penyesuaian pekerjaan hendaknya menjadikan orang mempunyai gambaran yang jelas tentang dirinya.
  4. Bimbingan karir membantu pemahaman dunia kerja dan pekerjaan dalam masyarakat. Sedangkan, untuk di sekolah melalui bimbingan karir para siswa dapat memperoleh keterangan-keterangan mengenai pekerjaan tersebut.
  5. Bimbingan karir termasuk pula pemberian bantuan penerangan mengenai latihan atau pendidikan yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pola-pola tingkah laku tertentu yang diperlukan untuk suatu pekerjaan. Secara umum tujuan bimbingan karir di sekolah adalah membantu para siswa agar memperoleh pemahaman diri dan pengarahan diri dalam proses mempersiapkan diri untuk bekerja dan berguna dalam masyarakat terutama di IDUKA.

 

Menurut Sukardi (2003: 3) merincikan tujuan bimbingan karir sebagai berikut:

  1. Siswa dapat menilai dan memahami dirinya terutama mengenai potensi dasar, minat, sikap, kecakapan dan cita-citanya.
  2. Siswa dapat dengan kesadaran dirinya yang penuh memahami nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Baik secara tertulis maupun secara tidak tertulis ( budaya dan Norma)
  3. Siswa mengetahui berbagai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan potensi dan minatnya, memiliki sikap yang positif dan sehat terhadap dunia kerja, memahami hubungan dari usahanya sekarang dengan masa depannya, dan mengetahui jenis-jenis pendidikan dan latihan yang diperlukan untuk suatu bidang pekerjaan tertentu.
  4. Siswa dapat menemukan hambatan-hambatan yang sifatnya dari dirinya dan dapat mengatasi hambatan-hambatan itu.
  5. Siswa sadar akan kebutuhan masyarakat dan negaranya yang berkembang.
  6. Siswa dapat merencanakan masa depannya sehingga dia dapat menemukan karir dalam kehidupannya. Berdasarkan beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan karir oleh pihak sekolah bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja sehingga siswa mempunyai bekal.
  7. Bekal tersebut meliputi dapat menilai dan memahami potensi yang dimiliki siswa, mengetahui jenis pekerjaan yang berhubungan dengan potensi dan minta, menemukan hambatan-hambatan pada dirinya, sadar kebutuhan dunia kerja yang berkembang dan dapat merencanakan masa depannya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMK SUNAN GIRI MENGANTI SABET JUARA III WUSHU KEJURPROV 2022

Untuk yang kesekian kalinya, kembali dan lagi lagi, salah satu siswa SMK Sunan Giri Menganti Gresik mengharumkan khususnya nama sekolah dan kabupaten Gresik dengan menjadi JUARA III WUS

29/08/2022 04:48 WIB - adminSMK
PT Indo Bismar mendampingi SMK Sunan Giri Menganti

PT Indo Bismar mendampingi SMK Sunan Giri Menganti dalam kegiatan Visitasi dari BAN SM Prov Jatim sebagai mitra DUDIKA.Visitasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan untu

27/08/2022 21:09 WIB - adminSMK
Sosialisasi dengan Wali Murid

Implementasi program kerjasama dengan DUDIKA dengan pembiasaan ketertiban dan pendidikan karakter yang baik bagi siswa Dalam hal ini sekolah mengundang wali murid SMK hadir pada kegiata

20/08/2022 19:49 WIB - adminSMK
Kunjungan dan silaturahim Dr. Sufi Imran Azom dari Aslamiyah Foundation London United Kingdom di SMK Sunan Giri Menganti

Kunjungan dan silaturahim Dr. Sufi Imran Azom dari Aslamiyah Foundation London United Kingdom di SMK Sunan Giri Menganti 5/8/2022 diawali dengan melihat bengkel Tbsm yang memiliki produ

07/08/2022 18:43 WIB - adminSMK
ATLET PENTAQUE KAB. GRESIK PORPROV JATIM VII/2022 (TRIPPLE 2 PA 1 PI)

SMK Sunan Giri Menganti merupakan Sekolah terbesar kedua di wilayah Gresik selatan, banyak diantara siswa-siswanya yang berprestasi di tingkat Kabupaten maupun Provinsi, salah satunya s

01/07/2022 18:22 WIB -